Bisnis

3 Orang Terkaya pada Indonesia Kuasai Tambang Batu Bara, Punya Harta Tak Masuk Akal

Sidakberita.com – Sejak era kolonial, batu bara jadi salah satu komoditas yang digunakan menggiurkan berbagai negara hingga menjadi rebutan para pengusaha.

Indonesia jadi salah satu negara yang mana diberkahi dengan sumber daya luar biasa, salah satunya tambang batu bara yang mana melimpah. Sayangnya, kekayaan alam yang digunakan melimpah bukan mampu dirasakan oleh seluruh rakyat melainkan hanya saja beberapa golongan saja, khususnya para pengusaha.

Berikut, tiga orang atau kelompok yang digunakan menguasai tambang batu bara pada Indonesia, dengan kekayaan triliunan lalu tiada masuk akal karena saking banyaknya.

Low Tuck Kwong

Dato’ Low Tuck adalah individu pelaku bisnis Indonesia serta pemilik PT Bayan Resources Tbk (BYAN), perusahaan tambang batu bara terbesar di area bursa domestik. BYAN ketika ini mempunyai kapitalisasi lingkungan ekonomi sebesar Simbol Rupiah 658,33 triliun.

Menurut Daftar 50 Orang Terkaya versi Forbes, Low Tuck Kwong miliki kekayaan senilai US$27,2 miliar atau sekitar Mata Uang Rupiah 422,79 triliun. Dia menempati peringkat ketiga di daftar orang terkaya Indonesia, di area bawah keluarga Hartono serta Prajogo Pangestu.

Ia diketahui mempunyai tambang batu bara pada Kalimantan, tepatnya di area Kutai Kartanegara. Selain itu, ia juga miliki tambang di dalam Daerah Satui.

Widjaja Family (Sinar Mas Group)

Keluarga pemilik Sinar Mas Group ini dikenal sebagai orang kaya lama alias old money. Kaya raya sejak era Soeharto, merek adalah pengendali PT Dian Swastika Sentosa Tbk. (DSSA), yang dimaksud bergerak pada sektor energi lalu infrastruktur. Anak perusahaan DSSA, PT Golden Energy Mines Tbk. (GEMS) dan juga Golden Energy and Resources Ltd. (GEAR), berpartisipasi di usaha tambang batu bara. Kekayaan keluarga Widjaja mencapai US$10,8 miliar atau sekitar Simbol Rupiah 168,3 triliun.

Garibaldi Thohir

Saudara dari Menteri BUMN Erick Thohir ini adalah salah satu orang di dalam balik PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (ADRO), sebuah perusahaan tambang terbesar pada Indonesia.

Menurut Forbes, Garibaldi Thohir ppunya kekayaan US$3,45 miliar atau sekitar Mata Uang Rupiah 54,01 triliun pada 2022 silam, kemudian pada 2023 sebesar US$3,3 miliar atau sekitar Simbol Rupiah 51,29 triliun, menjadikannya salah satu dari orang terkaya pada Indonesia.

Related Articles

Back to top button