Nasional

31 Ribu Tentara negeri Ukraina Tewas pada Perang Lawan Rusia

Sidakberita.com – Sebanyak 31 ribu tentara negara Ukraina tewas pada pertempuran melawan Rusia selama dua tahun terakhir. Informasinya itu disampaikan secara langsung oleh Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy pada Hari Minggu (25/2/2024).

Zelenskyy menyatakan itu pada waktu berbicara di area sebuah forum dalam Ibu Pusat Kota Kiev. “Sebanyak 31 ribu tentara negeri Ukraina sudah pernah tewas di konflik ini,” katanya.

“Bukan 300 ribu atau 150 ribu, atau apapun yang mana dikatakan (Presiden Rusia Vladimir) Pemimpin Rusia kemudian lingkaran kebohongannya. Namun, setiap kematian tentara ini adalah kehilangan mendalam bagi kami,” katanya pada acara bertajuk “Ukraina Tahun 2024” itu.

Zelenskyy tidaklah menyebutkan jumlah total korban luka, dengan menyatakan bahwa mengungkap hal itu akan membantu perencanaan pihak militer Rusia.

Pernyataan itu adalah pertama kalinya Kiev mengonfirmasi total korban jiwa sejak Ibu Kota Rusia melancarkan “operasi militer spesial” ke negara itu pada 24 Februari 2022.

Zelenskyy juga menyatakan bahwa “puluhan ribu warga sipil” telah dilakukan tewas di dalam wilayah negara Ukraina yang digunakan diduduki, tapi nomor pastinya pada waktu ini belum tersedia. Dia mengeklaim bahwa 180 ribu tentara Rusia telah dilakukan tewas selama perang. (Antara)

Related Articles

Back to top button