Nasional

5 Negara Eksternal yang mana Kasih Gelar Kehormatan Militer untuk Prabowo: Prancis Salah Satunya

Sidakberita.com – Prabowo Subianto pada hari ini, Rabu (28/2) resmi mendapat pangkat Jenderal Kehormatan. Gelar ini diberikan dengan segera oleh Presien Jokowi di acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di tempat Mabes TNI, Cilangkap, Ibukota Timur.

Sebelum mendapat peringkat Jenderal Kehormatan, Prabowo diketahui miliki pangkat Letnan Jenderal atau bintang tiga pada waktu masih berpartisipasi sebagai anggota militer.

Presiden Jokowi di pernyataan usai penyematan bintang empat terhadap Prabowo membantah bahwa penghargaan ini menjadi bagian operasi politik.

Menurut Jokowi, bila memang benar kenaikan pangkat menjadi bagian kegiatan politik, justru diadakan sebelum pemilihan raya 2024.

Ia menekankan pemberian kenaikan pangkat yang disebutkan diberikan usai masa pemilihan presiden lantaran untuk menghindari anggapan tersebut.

“Ya kalau operasi kebijakan pemerintah kita berikan aja sebelum Pemilu. Ini adalah kan pasca pemilihan supaya tiada ada anggapan-anggapan seperti itu,” kata Jokowi.

Penyematan bintang empat untuk Prabowo ini pun mendapat berbagai pro kontra masyarakat pada sistem media sosial. Terlepas dari pro kontra itu, Prabowo bukanlah kali ini hanya mendapat peringkat kehormatan militer.

Tercatat ada 5 negara asing yang mana pernah memberikan peringkat kehormatan militer terhadap pasangan Gibran Rakabuming Raka di area Pilpres 2024, berikut ulasannya

Yordania

Prabowo tercatat pernah mendapat penghargaan kehormatan militer dari Yordania. Anak begawan Sektor Bisnis Sumitro Djojohadikusumo mendapatkan Order of Military Merit atau Wisam al-Istahaqaq al-Askari.

Gelar ini diberikan pemerintah Yordania untuk banyak orang yang mana dianggap berjasa untuk negara itu. Seperti diketahui, Prabowo sempat tinggal dalam Yordania pasca pecah aksi Reformasi 1998.

Bahkan ketika itu sempat tersiar kabar bahwa Prabowo sempat akan diberi status kewarganegaran. Namun, pemberian status kewarganegaraan itu ditolak oleh Prabowo Subianto.

Kamboja

Prabowo juga pernah mendapatkan penghargaan kehormatan militer dari negara Kamboja. Prabowo dianugrahi gelar kejuaraan Knight of the Royal Order of Sahametrei.

Gelar ini merupakan ordo ksatria yang digunakan disematkan Kerajaan Kamboja untuk orang-orang yang digunakan dianggao berjasa untuk rakyat Kamboja. Selain Prabowo, beberapa jumlah tokoh Indonesia lainnya juga pernah mendapat penghargaan ini.

Ali Alatas jadi orang Indonesia pertama yang raih penghargaan ini pada 1999. Terakhir ada nama mantan KSAD Dudung Abdurachman yang tersebut mendapatkannya pada 2023.

Prancis

Lalu ada negara Prancis yang berikan anugrah militer kehormatan untuk Prabowo yakni Ordre national du Mérite. Selain Prabowo, peringkat ini juga sempat diberikan pemerintah Prancis untuk mantan mertua Prabowo, Tien Soeharto.

Selain Tien Soeharto, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, eks wapres Sudharmono, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto juga pernah meraih penghargaan ini.

Malaysia

Salah satu negara bagian dari Malaysia, Melaka pada 26 Juli 2022 pernah memberikan penghargaan kehormatan militer terhadap Prabowo yakni Darjah Gemilang Seri Melaka.

Pemberian penghargaan ini menciptakan Prabowo bisa saja menyematkan kata Datuk Seri di dalam awal namanya. Gelar ini sendiri pertama digulirkan kerajaan Melaka pada 1 Juni 1978.

Singapura

Terakhir ada negara tetangga, Singapura yang tersebut berikan peringkat militer kehomatan Darjah Utama Bakti Cemerlana pada 21 November 2023.

Prabowo mendapat peringkat ini dari Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam. Penghargaan ini diberikan pemerintah Singapura untuk orang di area luar tentara Singapura oleh sebab itu dianggap berikan sumbangan untuk meningkatkan hubungan bilateral.

Related Articles

Back to top button