Nasional

5 Tantangan Petugas Haji PPIH Arab Saudi dalam Musim Haji 2024

Sidakberita.com – Ada lima tantangan yang dimaksud akan dihadapi petugas haji PPIH Arab Saudi di musim haji 2024. Direktur BinaHajiDirektorat Jenderal Penyelenggaraan Haji serta Umrah (PHU)Kemenag, Arsad Hidayat, menjelaskan 5 tantangan petugas haji 2024 di mengawal 241 ribu jemaah haji Indonesia.

Tantangan pertama, kata Arsad, ada sekitar 45 ribu jemaah lansia yang harus mendapatkan perhatian khusus dari para petugas haji. Arsad berharap petugas haji membekali diri dengan skill meng mindset harus melayani lansia. “Mindset melayani lansia bagaimana kita seperti melayani orang tua kita. Berikan yang tersebut terbaik buat mereka,” kata Arsad Hidayat.

Arsad mengumumkan tantangan kedua, tingginya jumlah keseluruhan jemaah haji Indonesia yang digunakan wafat pada tahun 2023, mencapai 820 orang lebih. Dia mengungkapkan apabila jumlah agregat itu merupakan bilangan tertinggi pada sejarah penyelenggaraan haji. ”Saya dapat info dari kementerian kondisi tubuh ternyata nomor kematian jemaah haji bertambah signifikan selesai puncak haji. Kenapa? Karena kelelahan,”ujar dia.

Tantangan yang digunakan ketiga, lanjut Arsad, tahun ini jemaah haji Indonesia tak akan ada lagi yang digunakan tinggal di area Mina Jadid. Hal ini salah satu masukan dari jemaah, bahwa di tempat mina jadid tidaklah bisa jadi mabit. Selanjutnya, tantangan keempat, tahun ini, dalam Makkah pada waktu musim haji masih musim panas. Suhu ketika puncak haji tahun ini diperkirakan sanggup mencapai 47 hingga 50 derajat celsius.

Yang kelima, persoalan transportasi. Arsad mengajukan permohonan keterlambatan transportasi pada tahun 2023 tak terulang lagi di area musim haji tahun 2024.”Saya berharap di area 2024 tiada ada lagi jemaah yang mana terlambat dari Muzdalipah ke Mina,” ujar dia.

Related Articles

Back to top button