Kesehatan

7 Menu Sahur Tinggi Serat, Bikin Kenyang Lebih Lama

Sidakberita.com – JAKARTA – Menu sahur tinggi serat sangat dianjurkan dikonsumsi selama bulan puasa ini. Pasalnya, makanan yang disebutkan dapat menciptakan tubuh lebih lanjut kuat untuk menahan haus kemudian lapar pada waktu yang tersebut lama.

Berpuasa baik untuk kebugaran bila pola makan ketika sahur kemudian berbuka juga dilaksanakan secara benar. Maka itu, penting untuk memperhatikan asupan selama Ramadan ini, agar puasa lancar juga tubuh pun semakin sehat.

Asupan yang dimaksud sehat teristimewa harus diperhatikan pada pada waktu sahur. Santap sahur sangat penting untuk menyediakan energi selama seharian berpuasa. Nah, terkait hal itu, ada beberapa jenis makanan yang tersebut wajib Anda konsumsi ketika sahur. Salah satunya makanan tinggi serat.

Makanan tinggi serat dapat memperlambat pengosongan lambung, yang tersebut artinya bikin perasaan kenyang akan bertahan lebih lanjut lama. Selain itu, asupan tinggi serat juga dapat menjaga dari sembelit yang mana rentan terjadi akibat pembaharuan pola makan, minimnya asupan cairan dan juga nutrisi, dan juga kurangnya jumlah total tidur selama Ramadan.

Menu Sahur Tinggi Serat

1. Beras Merah

Mengutip Healthline, beras merah mempunyai komposisi serat dua kali lipat tambahan tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, beras meras juga mengandung radikal bebas yang digunakan baik untuk tubuh. Maka, ketimbang nasi putih, ada baiknya Anda mengonsumi beras merah pada waktu sahur.

2. Jagung

Jagung mempunyai zat serat tinggi yaitu 12 gram. Jenis sayuran ini sanggup dijadikan pengganti nasi lantaran merupakan sumber karbohidrat yang mana baik. Jagung juga dapat mengatasi permasalahan pencernaan serta mengatasi risiko diare akibat mengonsumsi makanan yang mana berlebihan.

3. Ubi

Seperti jagung, ubi pun bisa saja dijadikan pengganti nasi. Ubi kaya akan serat. Selain itu, makanan ini juga dapat menciptakan perut kenyang lebih banyak lama.

4. Gandum

Gandum merupakan makanan tinggi serat namun apabila dikonsumsi di bentuk biji-bijian utuh. Makanan yang dimaksud terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum utuh, pasta gandum utuh, kemudian oatmeal juga merupakan sumber serat yang tersebut baik.

5. Buah

Beberapa buah diketahui kaya akan serat yang dimaksud baik untuk menahan haus serta lapar ketika berpuasa seharian. Buah-buahan yang dimaksud tinggi serat antara lain apel, pir, alpukat, pisang, kemudian jeruk.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan serat yang mana baik untuk tubuh dan juga pencernaan. Maka itu, konsumsilah sayur ketika sahur, jenisnya seperti bayam, brokoli, kangkung, juga kacang panjang.

7. Wortel

Dalam 100 gram wortel segar terkandung 2,8 gram serat. Makanan berserat tinggi ini sanggup menyebabkan Anda kenyang lebih banyak lama ketika berpuasa. Anda dapat mengonsumsi potongan wortel rebus untuk melengkapi hidangan utama pada waktu santap sahur.

Related Articles

Back to top button