Bisnis

7 Tol Ini adalah Gratis selama Mudik Lebaran 2024, Berikut Daftarnya

Sidakberita.com – JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan setidaknya 7 ruas tol secara fungsional untuk memperkuat kelancaran arus mudik Lebaran 2024 .

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) , Kementerian PUPR, Tulus Abadi mengatakan, pengoperasian ruas tol fungsional yang disebutkan bukan dipungut biaya alias masih gratis. Karena memang sebenarnya konstruksinya juga belum rampung sepenuhnya, lalu cuma berfungsi untuk mengurai kepadatan lalin yang ada di tempat jalan tol.

“Ruas fungsional itu masih gratis, sebelum dilaksanakan berbayar, silahkan dimanfaatkan, mulai dibuka sejak pukul 06.00 – 17.00 WIB,” ujar Tulus pada konferensi pers di tempat Kantor Kementerian Kominfo, Hari Senin (25/3/2024).

Menurutnya, keterbatasan pengoperasian ruas fungsional itu dikarenakan belum rampungnya sarana yang tersebut ada didalam jalan tol tersebut. Mulai dari penerangan yang dimaksud kurang memadai, hingga penyediaan tempat peristirahatan.

Selain itu beberapa dari ruas tol fungsional juga baru beroperasi berhadapan dengan diskresi kepolisian. Setelah meninjau ruas tol eksisting terjadi kepadatan, barulah ruas fungsional yang disebutkan dibuka secara gratis untuk umum. Hal itu seperti yang akan diterapkan pada ruas Ibukota – Cikampek (Japek) II Selatan pada periode lebaran.

Pemerintah memproyeksikan setidaknya ada 193,6 jt orang kemungkinan pergerakan manusia pada momen libur lebaran 2024. Sementara itu, untuk tempat tujuan terbanyak, yaitu Jawa Tengah sebesar 31,8% (61,6 jt orang), Jawa Timur sebesar 19,4% (37,6 jt orang), juga Jawa Barat sebesar 16,6% (32,1 jt orang).

Sebanyak 72,93 jt orang akan datang melakukan perjalanan menggunakan tol, yang mana terdiri dari kendaraan pribadi kemudian angkutan bus moda yang tersebut menjadi pilihan transportasi rakyat berdasarkan survei tersebut.

7 ruas tol yang akan beroperasi fungsional secara gratis:

1. Cimanggis – Cibitung seksi 2B (Cikeas – Cibitung) sepanjang 19,65 km
2. Ibukota Indonesia – Cikampek II Selatan seksi Kutanegara – Sadang sepanjang 8,5 km
3. Solo – Yogyakarta – NYIA Kulonprogo seksi Colomadu – Klaten sepanjang 22,3 km
4. Bangkinang – Koto Kampar seksi Bangkinang – Koto Kampar sepanjang 24,7 km
5. Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat seksi 2 (Kuala Tanjung – Indrapura) sepanjang 9,47 km kemudian seksi 3 (Tebing Tinggi – Sinaksak) sepanjang 47,15 km
6. Indrapura – Kisaran seksi 2 (Lima Puluh – Kisaran) sepanjang) sepanjang 32,15 km
7. Kayuagung – Palembang – Betung seksi 3 sebagian (IC Musi Landas – Desa Sukamulya) sepanjang 21,2 km.

Related Articles

Back to top button