Kesehatan

9 Manfaat Kacang Hitam, Bisa Mengaturan Gula Darah

Sidakberita.com – JAKARTA – Kacang hitam tiada semata-mata enak, tapi juga bergizi. Manfaat untuk kondisi tubuh pun cukup banyak, seperti mengatur berat badan serta menjaga kondisi tubuh usus.

Kacang kecil berwarna hitam yang dimaksud tergolong kacang-kacangan juga dapat membantu pengaturan gula darah.

Apa itu kacang hitam?

Kacang hitam adalah kacang-kacangan yang mana biasa digunakan di berbagai masakan dalam seluruh dunia. Bijinya kecil berwarna hitam dengan tekstur lembut serta rasa sedikit manis. Kacang hitam kaya akan berbagai vitamin serta mineral, menjadikannya tambahan nutrisi pada makanan.

Manfaat kacang hitam

1. Dapat membantu perbaikan serta pertumbuhan otot

Kacang hitam adalah sumber protein nabati yang tersebut sangat baik, penting untuk perbaikan dan juga pertumbuhan otot. Seratus gram kacang hitam rebus menciptakan 8,86 gram protein, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.

2. Baik untuk kondisi tubuh usus

Dengan zat serat yang mana tinggi, kacang hitam meningkatkan kondisi tubuh pencernaan dengan mengurangi sembelit dan juga mengatur pergerakan usus. Serat juga membantu menjaga berat badan yang mana sehat dengan menimbulkan Anda merasa kenyang tambahan lama. Sesuai USDA, 100 gram kacang hitam rebus mengandung 8,7 gram serat.

3. Mengoptimalkan kemampuan fisik jantung

Kacang hitam berkontribusi terhadap kondisi tubuh jantung dengan menurunkan kadar lemak darah dan juga mengempiskan risiko penyakit jantung, kata Bhardwaj. Kandungan serat, potasium, juga folatnya juga membantu menjaga tingkat tekanan darah yang dimaksud sehat.

4. Antioksidan

Sarat dengan pencegah oksidasi seperti antosianin, kacang hitam membantu melawan peradangan lalu stres oksidatif pada tubuh, yang dapat berkontribusi pada penyakit kronis seperti diabetes.

5. Mengaturan gula darah

Karbohidrat kompleks di kacang hitam dicerna secara perlahan sehingga menjaga dari lonjakan kadar gula darah. Jadi, bisa saja dikonsumsi oleh penderita penyakit gula atau merekan yang digunakan ingin mengatur kadar gula darahnya. Menurut penelitian tahun 2017 yang dimaksud diterbitkan di tempat Nutrients, kacang hitam dapat meningkatkan kontrol gula darah lalu menurunkan risiko terkena penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit gula tipe 2.

6. Mangatur berat badan

Kacang hitam rendah lemak serta kalori, namun tinggi serat juga protein, menjadikannya pilihan bergizi bagi merek yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan. Mereka memberikan rasa kenyang juga membantu mengendalikan nafsu makan.

7. Mengoptimalkan kemampuan fisik tulang

Kacang hitam mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, lalu fosfor, yang penting untuk menjaga kekuatan tulang lalu mengurangi osteoporosis, kata sang ahli.

8. Meningkatan fungsi kognitif

Kandungan folat kemudian magnesium pada kacang hitam menggalang kebugaran otak dan juga fungsi kognitif. Folat berperan pada fungsi neurotransmitter, sedangkan magnesium penting untuk transmisi saraf lalu kontraksi otot.

9. Mengoptimalkan kemampuan fisik kulit

Kacang hitam bermanfaat untuk lapisan kulit dikarenakan sifat antioksidannya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dimaksud dapat merusak sel-sel lapisan kulit lalu berkontribusi terhadap penuaan dini, kata sang ahli. Selain itu, isi protein pada kacang hitam menyokong produksi kolagen, meningkatkan elastisitas serta kekencangan kulit.

Efek samping kacang hitam

Mengonsumsi kacang hitam dapat menyebabkan perut kembung serta kembung pada sebagian orang akibat isi seratnya yang mana tinggi. Untuk meminimalkan efek samping ini, rendam kacang sebelum dimasak juga secara bertahap tingkatkan asupannya agar tubuh Anda dapat menyesuaikan diri.
Namun, bago penderita sindrom iritasi usus besar (IBS) atau gangguan pencernaan lainnya, hindari konsumi kacang hitam.

Related Articles

Back to top button