Otomotif

Apa Bedanya Suzuki Jimny Lawas dan juga Suzuki Katana?

Sidakberita.com – Bagi para pecinta otomotif, khususnya mobil off-road, Suzuki Jimny serta Suzuki Katana merupakan dua legenda yang tak tergantikan.

Meski Jimny baru masih ada dengan nilai tukar tinggi, di tempat pangsa mobil bekas yang digunakan sudah ada tua, SUV yang dimaksud satu ini juga masih eksis dengan nilai yang tersebut lebih lanjut terjangkau.

Meski sekilas tampak mirip, kedua mobil ini miliki beberapa perbedaan penting yang dimaksud perlu diketahui.

Sejarah kemudian Generasi

Suzuki Jimny yang dimaksud mirip dengan Suzuki Katana sebetulnya mengusung kode SJ410. Jimny hadir lebih lanjut dulu di dalam tanah air sejak 1982, sementara Katana sendiri hadir dalam 1989.

Katana hadir sebagai SUV ringan 4×2, meyusul adanya kebijakan kenaikan pajak yang menyebabkan tarif mobil 4×4 (alias Jimny) membengkak.

Raffi Ahmad berniat membeli Suzuki Katana milik Babe Cabita (Youtube-BabeCabita)
Raffi Ahmad berniat membeli Suzuki Katana milik Babe Cabita (Youtube-BabeCabita)

Mesin

Suzuki Jimny lawas serta Katana dibekali mesin 4 silinder berkubikasi 1.0 liter (LJ80) juga 1.3 liter (SJ410) dengan performa yang dimaksud cukup untuk medan off-road.

Fitur dan juga Kenyamanan

  • Suzuki Jimny: Jimny lawas terkenal dengan desainnya yang digunakan mudah juga minim fitur. Kenyamanan di area pada kabin terbilang standar. Kursinya menghadap ke samping dengan atap trepes. Transmisinya juga masih kuno dengan 4 percepatan. Suspensi mobil ini disesuaikan untuk offroad jadinya lebih tinggi kaku.
  • Suzuki Katana: Katana miliki ciri yang dimaksud tambahan lengkap dibandingkan Jimny lawas, seperti AC transmisi 5 percepatan. Kenyamanan dalam pada kabin juga sedikit tambahan baik dengan kursi menghadap depan lalu atap meninggi untuk memberikan headroom agar kepala penumpang tak terbentur ke atap mobil jikalau kendaraan melintasi jalan bergelombang atau polisi tidur. Suspensi pun sedikit lebih banyak empuk menyesuaikan jalanan perkotaan.

Harga

  • Suzuki Jimny: Harga Jimny lawas bervariasi tergantung kondisi serta tahun pembuatannya, umumnya di dalam kisaran Rupiah 40 jt hingga Rupiah 80 jutaan.
  • Suzuki Katana: Harga Katana juga bervariasi tergantung kondisi serta tahun pembuatannya, umumnya dalam kisaran Rupiah 30 jt hingga Simbol Rupiah 70 jutaan.

Suzuki Jimny lawas kemudian Suzuki Katana adalah dua legenda off-road yang digunakan memiliki ketangguhan lalu keunikan masing-masing. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan, serta budget.

Tips beli mobil lawas:

  • Pertimbangkan kondisi mobil, tahun pembuatan, juga kelengkapan surat-surat sebelum membeli.
  • Lakukan test drive untuk merasakan performa lalu kenyamanan mobil.
  • Cari informasi kemudian review online untuk membantu Anda di memilih.

Semoga artikel ini membantu para penggemar otomotif di menentukan pilihan mobil off-road klasik yang digunakan tepat.

Related Articles

Back to top button