Kesehatan

Benarkah Anak Konsumsi Es pada waktu Buka Puasa Bisa Bikin Radang Tenggorokan?

Sidakberita.com – JAKARTA – Anak-anak biasanya mudah tergoda untuk mengonsumsi es, apalagi jikalau merekan telah lama seharian berpuasa. Setelah seharian menahan haus serta lapar, tak heran anak-anak kerap kali ingin dengan segera mengonsumsi es pada waktu berbuka puasa.

Namun, hal ini menjadi kegelisahan para orang tua. Pasalnya, banyak orang tua yang dimaksud khawatir si kecil terkena radang tenggorokan apabila mengonsumsi es dengan segera ketika berbuka puasa.

Menjawab kegelisahan tersebut, Pakar Kesejahteraan Warga juga Ahli Nutrisi Universitas Indonesia Widya Fadila menjelaskan bahwa penyulut anak mudah terkena radang tenggorokan sebab makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung pemanis buatan.


“Buka puasa itu kalau dengan makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan itu memang benar kecenderungannya radang tenggorokan pada anak,” jelas Widya ketika ditemui pada kawasan Pesanggrahan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, apabila anak dengan segera mengonsumsi es ketika suhu tubuhnya sedang naik pasca bergerak berkegiatan, tubuh membutuhkan waktu untuk menyesuaikan pembaharuan suhu tubuh. Sehingga, jikalau anak suhu tubuh sedang naik, merasa kelelahan, lalu di dalam sekelilingnya banyak virus, tetapi ketika berbuka puasa mereka secara langsung mengkonsumsi es, hal inilah yang dimaksud memicu anak mudah jatuh sakit.

“Jadi tubuh anak harus adjusted. Kadang di area tubuh anak kalau kondisinya beliau kecapekan, sejumlah virus, itu bisa saja bikin beliau sakit,” jelasnya.

Meski begitu, Widya mengungkapkan kalau mengonsumsi es boleh-boleh saja. Tapi, orang tua harus melakukan konfirmasi si kecil mengonsumsinya satu jam pasca bergerak berkegiatan. Hal ini bertujuan agar suhu tubuh mulai merosot dan juga menyesuaikan suhu ruangan. Jadi apabila diberi jeda kemudian isi di esnya tidak ada mempunyai pemanis buatan, maka sangat aman mengonsumsi es ketika berpuasa.

“Ini yang tersebut jadi fokus utama alasan anak sanggup terkena batuk pilek ketika berbuka puasa, sebab pembaharuan suhu yang mana terlalu ekstrem lalu juga unsur dasar atau pengikutnya dari es itu sendiri,” tuturnya.

Maka itu, para orang tua sebaiknya lebih lanjut selektif untuk memilih makanan maupun minuman yang tersebut dikonsumsi si kecil pada ketika berbuka puasa.

Related Articles

Back to top button