Kesehatan

Cegah Keguguran, Wanita Harus Siapkan Diri sebelum Hamil

Sidakberita.com – JAKARTA – Para wanita diharuskan menyiapkan diri sebelum hamil untuk mengurangi keguguran . Hal ini akibat kondisi yang dimaksud bisa saja disebabkan akibat gaya hidup juga kelainan kromosom yang mana menciptakan bayi bukan berprogres secara normal.

Kepala Badan Kependudukan serta Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sekaligus Dokter Kandungan Konsultan Fertilitas-Endokrinologi Reproduksi Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengungkapkan bahwa kehamilan di dalam usia terlalu muda maupun terlalu tua tidak ada disarankan.

Sebab kondisi ini rentan terjadi keguguran serta juga dapat membahayakan keselamatan sang ibu. Sehingga, dr. Hasto menyarankan para wanita telah dilakukan menyiapkan diri sebaik kemungkinan besar sebelum hamil.

“Himbauan saya terhadap ibu hamil, sejak sebelum hamil dipersiapkan. Jangan hamil terlalu muda seperti kurang dari 20 tahun. Tapi jangan juga terlalu tua, lebih besar dari 35 tahun,” kata dr. Hasto melalui instruksi singkat, hari terakhir pekan (22/3/2024).

Dia pun menyarankan bahwa jarak kehamilan juga harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu rutin hamil lalu jarak antara satu anak ke yang dimaksud lainnya sangat pendek.

“Jangan terlalu banyak pada jarak kurang dari tiga tahun dan juga jangan terlalu banyak,” jelasnya.

Menurut dr. Hasto, terdapat beberapa persyaratan yang tersebut harus diperhatikan sebelum merencanakan kehamilan. Seperti memeriksakan kondisi tubuh darah juga fisik.

Selain itu, wanita yang dimaksud mengalami kekurangan asam folat anemia, lalu juga vitamin D harus mencukupinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk hamil.

Related Articles

Back to top button