Otomotif

Ciut Nyali, Kalah dari Xiaomi: Apple Batal Bikin Mobil Listrik Swakemudi

Sidakberita.com – Apple sudah pernah membatalkan proyek kendaraan listrik ambisiusnya pasca satu dekade pengembangan.

Laporan terbaru dari Arena EV mengindikasikan bahwa perusahaan teknologi Amerika Serikat ini sekarang telah dilakukan dikonfirmasi secara resmi bahwa fokusnya akan beralih ke Artificial Intelligence alih-alih mobil swakemudi.

Keputusan untuk membatalkan proyek mobil listrik, yang tersebut secara internal disebut sebagai ‘Project Titan’, menyoroti kesulitan yang tersebut dihadapi oleh perusahaan teknologi terbesar sekalipun di memulai pembangunan mobil, apalagi yang sepenuhnya otonom.

Langkah ini kontras dengan kompetitornya yang mana sukses memasuki bursa mobil listrik, Xiaomi SU7, juga mengalami perkembangan pesat dalam Cina dan juga berekspansi ke Eropa.

Mobil listrik Xiaomi SU7. [Xiaomi Indonesia]
Mobil listrik Xiaomi SU7. [Xiaomi Indonesia]

Disinyalir, ini merupakan kebijakan Apple untuk memangkas kerugiannya. Pernyataan ini merupakan inovasi arah yang tersebut signifikan bagi Apple.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2014, rumor tentang ‘Project Titan’ mulai beredar, yang tersebut menjadi proyek ambisius untuk menciptakan kendaraan listrik swakemudi yang digunakan canggih.

Mobil Apple ini dimaksudkan untuk merevolusi sektor otomotif dengan cara yang digunakan serupa seperti iPhone yang tersebut telah lama mengubah smartphone.

Logo Apple. [Pexels/Pixabay]
Logo Apple. [Pexels/Pixabay]

Namun, ‘Project Titan’ menemui banyak kendala. Apple menghadapi berbagai tantangan di memproduksi mobil, termasuk pembaharuan kepemimpinan, inovasi strategi, dan juga biaya yang digunakan tinggi.

Khawatir dengan margin keuntungan yang tersebut tipis serta biaya proyek tersebut, para eksekutif Apple memutuskan untuk mengubah strategi.

Sebagai hasilnya, Apple akan fokus pada pengembangan sistem kecerdasan buatan yang mana canggih alih-alih memproduksi mobil listrik bermerek Apple.

Related Articles

Back to top button