Teknologi

Digitalisasi UMKM Berhasil Dongkrak Pendapatan Lebih dari Rp4 Miliar

Sidakberita.com – Peran digitalisasi di area segala bidang, terbukti mampu meningkatkan pendapatan UMKM hingga lebih banyak dari Rp4 miliar.

Melihat potensi tersebut, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) sama-sama Prestasi Junior Indonesia (PJI) mengimplementasikan kegiatan pelatihan lalu pendampingan industri bertajuk Digital Entrepreneur Empowerment Inisiatif (DEEP).

Berlangsung sejak Februari 2023, kegiatan ini sudah memfasilitasi 51 pelaku bisnis muda berusia 18-35 tahun di tempat Pusat Kota Padang.

Mereka berkesempatan mengasah kompetensi di manajemen bisnis, memperluas jangkauan pemasaran dengan digital, dan juga meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan personal kemudian bisnis.

Hasilnya, merekan mampu menghimpun total pendapatan usaha hingga Rp4,26 miliar.

Kemudian, melayani lebih tinggi dari 44.000 kegiatan jualan hingga ke banyak wilayah pada luar Perkotaan Padang, kemudian menciptakan kesempatan kerja bagi 64 orang selama enam bulan masa pendampingan.

Business General Manager Sumatera Mandala Finance, Trisno Situmeang mengungkapkan rasa bangga dengan pencapaian usaha para kontestan kegiatan DEEP dan juga dampak sektor ekonomi dan juga sosial yang mereka kontribusikan terhadap komunitas.

Ilustrasi UMKM. [Ivan Samkov/Pexels]
Ilustrasi UMKM. [Ivan Samkov/Pexels]

“Secara spesifik, pengelolaan usaha yang digunakan tambahan terstruktur kemudian pemanfaatan digital yang mana diadakan terbukti efektif meningkatkan kapasitas serta kinerja perusahaan mereka,” ujarnya.

Menurut dia, inisiatif ini dapat menjadi aset berharga bagi dia untuk terus berkembang menjadi tokoh muda pemimpin kegiatan bisnis yang digunakan menggerakkan sistem ekologi kewirausahaan digital di dalam Sumatra Barat.

“Manajemen operasional serta finansial bidang usaha yang dimaksud konvensional juga minimnya penguasaan teknologi digital menjadi faktor penghambat utama bagi para pelaku bidang usaha mikro untuk dapat menyebabkan kegiatan bisnis merek naik kelas,” kata Ketua Pengurus Prestasi Junior Indonesia, Pribadi Setiyanto.

Digital Entrepreneur Empowerment Proyek (DEEP) merupakan bagian dari inisiatif “Tumbuh Bersama Komunitas Indonesia”.

Program pemberdayaan warga PT Mandala Multifinance Tbk yang mana baru dirilis 2023 lalu juga menyasar penduduk dalam Pusat Kota Padang.

Related Articles

Back to top button