Otomotif

Hyundai Kona EV Terbaru Sudah Terdaftar, Harga Mulai Rp421 Juta

Sidakberita.com – JAKARTA – Mobil listrik Hyundai Kona EV model terbaru dirilis pada turnamen IIMS 2024, Februari lalu. Sayang, produsen belum mengungkapkan harga jual resmi dengan alasan masih pada studi pasar.

Namun, Kona EV sudah ada didaftarkan pada informasi Angka Jual Beli Kendaraan Bermotor (NJKB) pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Mobil yang disebutkan didaftarkan dengan kode NEWKONA EV4X2AT dengan biaya mulai Rp421 juta.

Terdapat empat tipe yang didaftarkan di NJKB yang tersebut mengacu pada varian sama seperti Hyundai Ioniq 5, yakni Prime lalu Signature. Masing-masing model juga memiliki dua kapasitas akumulator berbeda yang mana memengaruhi jarak tempuh.

Perlu diingat, tarif yang digunakan terdaftar pada NJKB tidak nilai tukar pasar, lantaran belum ditambah dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Baluk Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), serta lain sebagainya.

Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menegaskan peluncuran tarif Kona EV akan dijalankan pada waktu dekat. Diyakini, itu akan diberitahukan pada event GIIAS 2024 pada 18 Juli mendatang.

“Kona EV kita nanti akan luncurkan kalau berbicara mengenai waktu nilai tukar spesifikasi nanti pasti akan kita umumkan tunggu waktunya aja. Sebenernya gak lama jg, nanti akan datang gak akan lama lagi. Kita tidaklah sanggup ngomong spesifik,” kata Budi di dalam DKI Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer HMID menjelaskan pihaknya telah melakukan survey terhadap nilai tukar yang dimaksud tepat untuk Kona EV. Selain itu, brand dengan syarat China yang dimaksud berjualan mobil listrik dengan harga jual cukup rendah juga jadi pertimbangan.

“Terkait Kona intinya kita telah ungkapkan pada kompetisi IIMS kemarin biasanya kita melakukan survey ke konsumen brp nilai tukar yg pantas. Kebetulan telah ada beberapa maker China yang digunakan sudah ada pengumuman harga, kita masih timbang-timbang harganya,” ujarnya.

Pada turnamen IIMS 2024, Hyundai telah membuka keran pemesanan mobil listrik Kona EV meskipun nilai tukar resmi belum diumumkan. Kendati begitu, Frans menegaskan pihaknya tak ingin berjanji mengenai pengiriman unit terhadap konsumen.

“Kita gak mau terlalu berbagai berjanji mengenai delivery dan juga sebagainya, sebab takut nanti pada ketika SPK mobilnya belum mampu kita kirimkan. Ditunggu tanggal mainnya aja. Pasti ingin harganya yang menarik juga,” ucapnya.

Related Articles

Back to top button