Kesehatan

Hal ini Bahaya Lewatkan Sahur pada waktu Akan Berpuasa

JAKARTA – Sebelum berpuasa dalam bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk bersantap sahur terlebih dahulu. Selain berubah menjadi sunnah Rasulullah SAW, makan sahur sebelum berpuasa bisa saja menambah energi juga membantu tubuh kekal kuat pada waktu menahan lapar lalu haus tambahan dari 12 jam.

Meskipun melewatkan sahur tak berdosa, namun sebaiknya Anda tiada melakukannya. Sebab, melewatkan sahur sebelum berpuasa mampu mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Lantas, apa sekadar bahayanya bila melewatkan santap sahur sebelum berpuasa?

Melansir Health X Change, Selasa (26/3/2024), melewatkan sahur akan menambah masa berlaku masa puasa. Hal ini lantaran tubuh Anda harus bergantung pada makanan sebelumnya untuk memberi semua nutrisi kemudian energi hingga berbuka puasa. Karena puasa selama belasan jam, Anda cenderung merasa dehidrasi dan juga lelah dalam siang hari bila tak makan serta minum yang dimaksud cukup pada waktu sahur.

Ketika berpuasa, sahur akan berubah menjadi salah satu makanan utama kemudian menggantikan sarapan Anda.

Melansir Daily Sabah, Sıla Bilgili Tokgoz individu ahli nutrisi mengatakan, tak sahur sebelum berpuasa sanggup berpengaruh pada keadaan imunitas tubuh.

“Pastikan Anda bangun untuk sahur. Melewatkan sahur juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh,” ungkap Tokgoz.

Selain mempengaruhi imunitas tubuh, melewatkan sahur juga sanggup berdampak pada gula darah. Tantangan pencernaan pun dapat bermetamorfosis menjadi ancaman bila tak makan sahur sebelum berpuasa.

“Jika tak (sahur), Anda kemungkinan besar merasa lemah lalu lelah atau menderita gula darah rendah dan juga sembelit dalam siang hari,” kata Tokgoz.

Artikel ini disadur dari Ini Bahaya Lewatkan Sahur saat Akan Berpuasa

Related Articles

Back to top button