Lifestyle

Jangan Salah! Ini adalah Cara Mencoblos yang mana Benar juga Berkas yang digunakan Harus Dibawa di dalam pemilihan raya 2024

Sidakberita.com – Sebentar lagi hari pemungutan kata-kata akan segera tiba. Pemilihan Umum 2024 akan tiba pada tanggal 14 Februari 2024, maka persiapan harus telah dilakukan. Ketahui cara mencoblos yang digunakan benar lalu berkas apa hanya yang tersebut harus dibawa agar pencoblosan dapat dijalankan dengan lancar.

Pencoblosan sendiri harus dijalankan sesuai dengan aturan yang tersebut berlaku, agar kata-kata yang mana diberikan sanggup dianggap sah juga dihitung ke di rekapitulasi suara. Disamping mengetahui cara mencoblos yang tersebut benar, Anda juga wajib tahu berkas apa semata yang mana harus dibawa.

Cara Mencoblos yang digunakan Benar

Mengacu pada Pasal 353 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, berikut cara mencoblos yang tersebut benar.

  • Datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilih, and masuk ke TPS lewat pintu yang tersebut disediakan
  • Di lokasi TPS, pemilih akan bertemu dengan panitia, untuk kemudian dipersilahkan mengisi daftar hadir
  • Pemilih diminta menyerahkan KTP serta surat C-6, lalu tunggu hingga panitia memanggil nama pemilih
  • Setelah dipanggil, ambil surat pernyataan juga pergi ke bilik kata-kata untuk melakukan pencoblosan
  • Pencoblosan dapat dilaksanakan pada nomor, nama pasangan calon, atau tanda gambar partai urusan politik pengusul pada satu kotak pada surat pendapat untuk Pemilihan Umum Presiden juga Wakil Presiden
  • Pencoblosan dapat diadakan pada nomor atau tanda gambar partai kebijakan pemerintah dan/atau nama calon anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, untuk Pemilihan Umum anggota DPR, DPRD Provinsi, lalu DPRD Kabupaten/Kota
  • Pencoblosan dapat dilaksanakan pada nomor, nama, atau foto calon untuk Pemilihan Umum anggota DPD
  • Setelah mencoblos, lipatlah surat pendapat sesuai petunjuk
  • Masukkan surat pengumuman ke kotak pendapat yang digunakan tersedia
  • Sebelum meninggalkan TPS, pemilih wajib mencelupkan salah satu jari ke tinta sebagai bukti telah dilakukan memberikan hak ucapan di pemilihan 2024

Lalu Berkas Apa Saja yang digunakan Harus Dibawa?

Untuk berkas yang dimaksud wajib dibawa sendiri sebenarnya tidak ada terlalu sulit, semata-mata dokumen formulir pemberitahuan atau Model C-6, kemudian e-KTP atau KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil atau berkas sejenis yang dimaksud berlaku setara dengan berkas tersebut.

Berkas ini nantinya akan diminta oleh panitia pemilihan umum sebagai aturan untuk melakukan pencoblosan sesuai dengan aturan yang tersebut berlaku. Jika berkas yang dimaksud diperlukan tiada ada, sebaiknya Anda segera menghubungi panitia pemilihan umum di area lokasi Anda untuk mengajukan permohonan rekomendasi yang tersebut diperlukan.

Itu tadi sekilas tentang cara mencoblos yang dimaksud benar, terkait aturan berkas lalu tata cara menyalurkan hak suara. Semoga berguna, serta selamat melanjutkan kegiatan Anda berikutnya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Related Articles

Back to top button