Kesehatan

Kasus TBC Anak dalam Indonesia Meroket, Orang Tua Wajib Kenali Gejalanya

Sidakberita.com – JAKARTA – Kasus tuberkulosis (TBC) pada anak di dalam Indonesia dilaporkan meroket. Tercatat, peningkatan sebanyak 2,5 kali lipat dibandingkan 2021, yakni dari 42 ribu perkara menjadi 134 ribu tindakan hukum pada 2023.

Kasus TBC pada anak bukan serupa dengan TBC usia dewasa. Pada dasarnya, kondisi ini disebabkan penyakit infeksi menular yang mana disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menginfeksi berbagai bagian tubuh, tetapi yang paling umum adalah paru-paru.

TBC paru-paru adalah bentuk TBC yang paling banyak terjadi, tetapi bakteri TBC juga dapat menyerang bagian tubuh lain seperti tulang, ginjal, otak, atau selaput otak. TBC pada anak seringkali memiliki gejala yang digunakan berbeda dengan gejala yang dimaksud muncul pada orang dewasa.

Gejala TBC pada Anak

Gejala TBC pada anak-anak bisa saja bersifat nonspesifik dan juga mirip dengan gejala penyakit lainnya. Berikut gejala TBC pada anak yang dimaksud wajib diketahui para orang tua dilansir dari Health Line, Hari Jumat (22/3/2024).

1. Batuk yang berlangsung lebih lanjut dari dua minggu atau batuk yang digunakan terus-menerus tanpa faktor yang dimaksud jelas.
2. Demam yang tersebut tidaklah berkurang meskipun sudah pernah diberikan obat penurun demam.
3. Penurunan berat badan yang dimaksud tidaklah dapat dijelaskan atau peningkatan yang mana lambat.
4. Kelelahan yang mana berlebihan.
5. Kehilangan nafsu makan atau penurunan nafsu makan.
6. Berkeringat secara berlebihan khususnya pada di malam hari hari.
7. Nyeri dada atau kesulitan bernapas.
8. Pembengkakan kelenjar limfa, khususnya di area leher atau ketiak.

Namun, perlu diingat bahwa gejala TBC pada anak dapat bervariasi, lalu tiada semua anak yang terinfeksi TBC akan menunjukkan gejala tersebut. Beberapa anak juga mengalami gejala yang tersebut lebih tinggi spesifik tergantung pada bagian tubuh yang terinfeksi oleh bakteri tuberkulosis.

Oleh dikarenakan itu, jikalau Anda mencurigai bahwa anak mungkin saja terinfeksi TBC, penting untuk segera menghubungi dokter atau infrastruktur kemampuan fisik untuk pemeriksaan lebih banyak lanjut kemudian penanganan yang digunakan tepat.

Related Articles

Back to top button