Bisnis

Kembali Gelar Safari Ramadan, BPJS Ketenagakerjaan Apresiasi Kepercayaan Pemko Batam Lindungi Pekerja

Sidakberita.com – BATAM – Hadirnya bulan suci Ramadan dimanfaatkan Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Roswita Nilakurnia untuk mempererat silaturahmi dengan Wali Perkotaan Batam Muhammad Rudi.

Pertemuan yang disebutkan merupakan bagian dari kegiatan Safari Ramadan yang digunakan dijalankan BPJS Ketenagakerjaan guna meningkatkan sinergitas dan juga kolaborasi dengan pemerintah tempat dan juga perusahaan-perusahaan yang digunakan sudah pernah menjadi peserta.

Dalam safarinya Roswita mengapresiasi dukungan Wali Perkotaan Rudi di meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di dalam Pusat Kota Batam, salah satunya melalui Peraturan Walikota Nomor 3 Tahun 2023 Tentang Pedoman Pelaksanaan Rencana Keamanan Sosial Ketenagakerjaan Bagi Nelayan Kecil Di Perkotaan Batam. Pascaterbitnya aturan yang dimaksud Pemko Batam sudah pernah memberikan pemeliharaan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 3.444 nelayan. Sehingga secara keseluruhan BPJS Ketenagakerjaan telah terjadi melindungi 290.600 pekerja atau mencakup 45,91 persen dari keseluruhan pekerja pada Perkotaan Batam yang mana eligible menjadi peserta.

“Datangnya bulan suci Ramadan menjadi kesempatan terbaik bagi kami untuk kian mempererat silaturahmi sekaligus mengakomodasi aspirasi dari para pemangku kepentingan, diantaranya pemerintah daerah. Kami ingin mendapatkan masukan agar pelayanan BPJS Ketenagakerjaan menjadi semakin baik. Selain itu kami juga menyadari dukungan dari para pemimpin tempat sangat penting bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat mewujudkan cita-cita bangsa yaitu universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan. Terima kasih menghadapi kontribusi serta support pak Wali Perkotaan terhadap acara jaminan sosial ketenagakerjaan di dalam wilayah Pusat Kota Batam,” ujar Roswita.

Pada kesempatan yang dimaksud Roswita serta Wali Perkotaan Rudi turut menyerahkan faedah terhadap salah satu ahli waris kontestan yang digunakan meninggal dunia sebab kecelakaan kerja. Total faedah yang mana diberikan mencapai Rp445 jt yang tersebut terdiri dari santuan Pemastian Kecelakaan Kerja (JKK), seluruh jumlah JHT milik peserta, serta beasiswa sekolah untuk dua orang anak. Angka yang disebutkan belum termasuk Garansi Pensiun (JP) berkala yang mana akan diterima ahli waris setiap bulan.

Lebih lanjut Roswita menyatakan bahwa sebesar apapun kegunaan yang digunakan diberikan BPJS Ketenagakerjaan tiada dapat menggantikan peluncuran orang yang dimaksud dicintai, namun proteksi jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen penting untuk menjaga dari pekerja lalu keluarganya jatuh pada kemiskinan ekstrim. Hal yang disebutkan bisa jadi terjadi akibat risiko kecelakaan kerja, kematian, maupun hari tua yang mana dialami oleh para pekerja.

Sementara itu Muhammad Rudi, Wali Pusat Kota Batam, memacu agar sinergi Pemko Batam dan juga BPJS Ketenagakerjaan terus ditingkatkan. “Dengan terus sinergi ini, pekerja Batam terus terlindungi,” katanya.

Menurut data selama tahun 2023, di area Perkotaan Batam BPJS Ketenagakerjaan telah dilakukan membayarkan 96 ribu klaim dengan total faedah mencapai Rp864 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Roswita juga menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Inpres nomor 2 tahun 2021 sudah pernah menginstruksikan seluruh eksekutif Daerah yang tersebut akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November mendatang, wajib mendaftarkan seluruh petugas ad hoc menjadi partisipan BPJS Ketenagakerjaan.

Pihaknya berharap amanah inpres ini dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Roswita melakukan konfirmasi seluruh jajarannya siap berkolaborasi kemudian siap memberikan layanan prima agar pemilihan kepala daerah berjalan dengan baik melalui pengamanan para petugas yang digunakan terlibat.

Related Articles

Back to top button