Kesehatan

Konsumsi Ikan Bisa Bikin IQ Anak Lebih Tinggi, Baik Dikonsumsi Tiap Hari

Sidakberita.com – JAKARTA – Mengembangkan kecerdasan anak tidak cuma dari faktor eksternal saja, juga butuh faktor internal untuk menunjang kecerdasan anak. Salah satunya melalui makanan.

Dokter Spesialis Anak, dr. Harun Albar, SpA M.kes mengungkap bahwa rutin mengkonsumsi ikan bisa saja meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini sebab ikan mempunyai komposisi protein juga omega 3 yang mana tinggi.

“Rahasianya adalah makan ikan. Iya makan ikan tuh bikin anak cerdas akibat ada zat protein, khususnya omega 3,” kata dr. Harun dikutipkan dari cuitannya pada akun X @Harun_albar, Selasa (12/3/2024).

Dr. Harun menjelaskan adanya penelitian yang tersebut melibatkan 541 anak di tempat China. Hasil penelitian yang disebutkan menunjukkan bahwa anak yang mana gemar lalu rutin makan ikan mendapatkan Intelligence Quotient (IQ) yang mana lebih tinggi tinggi lho.

IQ menjadi salah satu indikator yang tersebut menunjukkan kemampuan seseorang di berpikir, mengingat, memahami, juga bertindak. IQ kerap kali dikaitkan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Sehingga semakin tinggi nilai IQ maka semakin cerdas pula dirinya.

“Berdasarkan penelitian terhadap 541 anak di tempat China, anak-anak yang digunakan makan ikan setiap hari, IQ-nya lebih besar tinggi 5 poin dibandingkan anak-anak yang dimaksud gak makan ikan,” ujarnya.

Berdasarkan rekomendasi para ahli, anak-anak sebaiknya mengkonsumsi ikan paling tiada dua sampai tiga porsi pada satu minggu. Meski begitu, dr. Harun menyarankan para orang tua untuk memberikan ikan setiap hari terhadap sang buah hati.

“Para ahli rekomendasiin anak-anak buat makan ikan 2-3 porsi per minggu. Tapi kalau menurut gw sih makan ikan tiap hari aja. Indonesia kan kaya jenis ikan,” jelasnya.

Orang tua pun dapat mengkreasikan menu makanan dari ikan agar si kecil tidaklah mudah bosan juga gemar mengkonsumsinya, seperti dengan mengolahnya dengan cara dibakar, rebus atau digoreng.

Jenis ikannya pun dapat diganti-ganti setiap harinya. Hal ini bertujuan agar anak memahami lebih banyak banyak rasa lalu tidak ada monoton mengkonsumsi jenis ikan yang serupa setiap harinya.

Related Articles

Back to top button