Teknologi

Konten Teknologi AI di area YouTube Harus Pakai Label! Simak Aturan Baru Google Hal ini

Sidakberita.com – JAKARTA – Munculnya Sora serta perkembangan Artificial Intelligence Pencipta yang tersebut luar biasa bikin Google mengambil langkah preventif. Yakni, menandai konten-konten yang dimaksud dianggap menggunakan Kecerdasan Buatan Generatif.

Menurut Google, penonton menginginkan transparansi apakah konten yang digunakan merekan lihat adalah hasil modifikasi atau dibuat secara sintetis. Karena itu, dia mengenalkan alat baru pada Creator Studio yang mengharuskan kreator menunjukkan terhadap penonton ketika memproduksi konten realistis.

Terutama, konten yang dimaksud rentan disalahpahami penonton sebagai orang, tempat, adegan, atau kejadian nyata menggunakan media hasil modifikasi atau sintetis, termasuk Kecerdasan Buatan generatif.

“Label itu tidaklah wajib untuk konten yang dimaksud tak realistis, seperti animasi, menampilkan efek spesial, atau menggunakan Teknologi AI generatif sebagai pembantu di proses produksinya,” tulis Google.

Langkah ini dianggap sebagai langkah menginovasikan Kecerdasan Buatan secara bertanggung jawab. Yakni lewat kewajiban penambahan keterangan serta label, memperbarui proses permintaan privasi, juga menegaskan semua barang juga layanan Artificial Intelligence bertanggung jawab.

Beberapa contoh konten yang digunakan harus disertai keterangan Artificial Intelligence termasuk:

1. Konten dengan elemen buatan yang mana menyerupai orang individu yang mana dikenal dalam dunia nyata: secara digital memodifikasi konten untuk mengganti wajah seseorang dengan wajah orang lain, atau secara sintetis meniru pendapat seseorang untuk menarasikan sebuah video.

2. Konten yang mana berisi modifikasi menghadapi rekaman video perkembangan atau tempat nyata: Misalnya, membuatnya tampak seolah bangunan sungguhan terbakar atau memodifikasi lingkungan perkotaan nyata agar terlihat berbeda daripada sebenarnya.

3. Konten dengan penggambaran kejadian yang digunakan tiada nyata, tetapi realistis: Menunjukkan deskripsi realistis dari kejadian besar yang tersebut fiktif, misalnya tornado yang mana bergerak menuju wilayah permukiman sungguhan.

Boleh Gunakan Artificial Intelligence Generatif, tapi…

Konten Teknologi AI di dalam YouTube Harus Pakai Label! Simak Aturan Baru Google Ini

Google mengumumkan tak mengharuskan kreator menyertakan label Artificial Intelligence apabila sekadar memakai Artificial Intelligence generatif untuk membantu produktivitas, misalnya menghasilkan naskah, mencari ide konten, atau menimbulkan teks (caption) otomatis.

Label baru ini akan mulai terlibat diberlakukan di tempat YouTube di beberapa minggu ke depan, diawali dengan program YouTube di area ponsel, dan juga tidaklah lama lagi pada desktop serta TV.

“Kami ingin memberi komunitas YouTube waktu untuk menyesuaikan diri dengan proses serta fasilitas baru ini,” beber Google.

Dalam beberapa kasus, YouTube dapat menambahkan label meskipun kreator bukan menyertakannya. Terutama untuk konten hasil modifikasi atau sintetis yang tersebut berpotensi membingungkan atau menyesatkan orang.

Menerima Kehadiran Kecerdasan Buatan Pencipta pada YouTube

Kreator adalah bagian vital dari YouTube dan juga akan terus memainkan peran yang tersebut sangat penting di membantu audiens memahami, menerima, juga beradaptasi dengan dunia Kecerdasan Buatan generatif.

“Proses ini masih akan terus berkembang, kemudian kami dalam YouTube akan terus belajar untuk memperbaiki diri. Semoga transparansi yang tersebut lebih tinggi besar ini dapat membantu kita semua lebih lanjut mengapresiasi beragam kegunaan Kecerdasan Buatan untuk menyokong kreativitas manusia,”tulisGoogle.

Related Articles

Back to top button