Otomotif

Kotaro Shimizu Pamit, Serahkan Kepemimpinan Honda Nusantara ke Shugo Watanabe

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) punya nahkoda baru. Kotaro Shimizu secara resmi menyerahterimakan jabatan Presiden Direktur PT HPM terhadap Shugo Watanabe sebagai pemimpin berikutnya.

Yang menarik, keduanya sama-sama pernah ditugaskan di dalam pangsa Amerika. Acara serah terima jabatan berlangsung di Jakarta, 27 Maret 2024. Presiden Direktur PT HPM yang tersebut baru, Shugo Watanabe pertama bergabung dengan Honda pada 2000.

Sebelum ditugaskan pada Indonesia, Watanabe telah melanglangbuana ke bermacam negara. Pada 2007, ia bertugas di Spanyol. Lalu, kembali ke Jepun pada 2010.

Selanjutnya ia juga pernah bertugas di Negara Malaysia pada 2015. Sementara di dalam 2018 bertugas di India. Kemudian pada 2021 Watanabe bertugas ke Amerika Serikat sebagai Vice President Auto Planning & Strategy Auto Sales sebelum berubah jadi President Director PT Honda Prospect Motor ke 2024.

“Indonesia merupakan pangsa strategis bagi Honda. Visi saya adalah menghadirkan produk-produk berkualitas, dapat diandalkan juga sesuai permintaan konsumen di dalam Indonesia,” ungkap Watanabe.

Selain berupaya meningkatkan “brand presence”, Watanabe juga berupaya untuk menegaskan kesenangan konsumen ketika pembelian. “Dengan cara memperbaiki layanan, sehingga akan terus ada repurchasing, dimana Honda mampu tetap mengamankan konsumennya,” ungkapnya.

Baik Watanabe dan juga Shimizu memang benar sama-sama pernah ditugaskan dalam Amerika, sebagai pangsa yang mana sangat menantang. Tentu saja, Tanah Air padahal potensial, juga miliki situasi pangsa yang tersebut sama-sama menantang.

Artinya, dibutuhkan pemimpin yang mana “tahan banting” untuk berubah menjadi nahkoda Honda Indonesia. Hal ini, diakui oleh Kotaro Shimizu. Shimizu menjabat sejak 2022, kemudian sangat menantang dikarenakan Nusantara masih baru belaka pulih dari Covid.

Namun, selama masa kepemimpinannya, Kotaro Shimizu bersatu HPM telah terjadi meluncurkan berubah-ubah model mobil Honda dalam berubah-ubah segmen, salah satunya beberapa model yang tersebut berubah menjadi model populer ketika ini. Mulai New Honda Brio, All New Honda Civic Type R, dan juga New Honda City.

Kotaro Shimizu juga menghadirkan Honda WR-V sebagai model Small SUV pertama Honda.

Artikel ini disadur dari Kotaro Shimizu Pamit, Serahkan Kepemimpinan Honda Indonesia ke Shugo Watanabe

Related Articles

Back to top button