Nasional

Mahfud MD: Berani Apa Enggak Kembalikan Muruah MK?

Sidakberita.com – JAKARTA – Calon perwakilan presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD percaya Mahkamah Konstitusi (MK) bisa saja memulihkan demokrasi Indonesia ke arah yang lebih lanjut baik di putusannya di sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang mana perdana diadakan hari ini. Mahfud mengatakan, MK pernah berjaya lalu dihargai orang oleh sebab itu merancang demokrasi yang tersebut hampir tenggelam.

Oleh lantaran itu, MK diharapkan mampu menyelesaikan kecurangan-kecurangan pada pada pemilihan umum ini. “Sehingga menjadi tempat ujian (bagi MK), bukanlah hanya saja dari dunia ilmu pengetahuan tetapi juga dari praktisi-praktisi hukum juga pengadilan dari berbagai negara,” kata Mahfud usai persidangan PHPU dalam Gedung MK, Rabu (27/3/2024).

Dengan begitu, Mahfud mempertanyakan, apakah MK berani untuk mengambil tindakan kritis di menangani sengketa pilpres ini supaya dapat menjaga demokrasi juga konstitusi agar kembali pada muruahnya.

“Sekarang ini berani apa enggak, mau apa tiada mengatasi muruah MK dengan menjaga demokrasi lalu konstitusi? Karena sungguh bahaya masa depan bangsa ini kalau kemudian timbul persepsi bahwa yang digunakan dapat meraih kemenangan pemilihan umum itu bahwa orang yang dimaksud punya kekuasaan yang berkolaborasi dengan orang yang dimaksud punya uang,” tutur Mahfud.

“Mundur, peradaban kita, kalau MK tiada mau meraih kembali kejayaannya, itu aja kalau saya materinya tadi telah jelas,” pungkasnya.

Related Articles

Back to top button