Kesehatan

Mengenal Penyakit Autoimun, Kondisi yang tersebut Dialami Kartika Putri hingga Picu Sindrom Stevens-Johnson

Sidakberita.com – Kartika Putri belum lama ini menjadi perbincangan hangat netizen oleh sebab itu kondisi wajahnya yang tersebut dipenuhi luka melepuh. Tak cuma dalam bagian luar, terdapat pula sariawan besar pada lidah serta rongga mulutnya.

Setelah menjalani penyembuhan di area Singapura, saat ini kondisi Kartika Putri nampak telah membaik. Dalam unggahan video terbaru, luka dalam area wajahnya sudah ada nampak mengering.

Wanita yang digunakan akrab disapa Karput ini lantas menjelaskan awal mula dirinya mengalami penyakit misterius tersebut.

Dalam penuturannya, Kartika Putri mengaku memiliki riwayat penyakit autoimun yang dimaksud didiagnosa sejak lima tahun lalu. Luka-luka itu menjadi efek samping setelahnya ia meminum obat pain killer beberapa waktu lalu.

Awalnya belaka ada benjolan kecil berisi cairan di area bibir serta dahi. “Akhirnya pecah dikarenakan kesenggol anak aku. Kalau kena air juga beliau (benjolan) akhirnya lembek dan juga pecah. Itu yg menyebabkan perih juga makin luas,” terang Kartika Putri.

Kartika Putri sengaja membagikan pengalamannya sebab ingin sesama penderita autoimun sanggup bereaksi cepat bila merasakan efek atau penyakit seperti yang ia alami.

“Obatnya juga segalanya nanti aku sharing lebih lanjut jelas. Jadi jelas ya, yang digunakan aku alami ini namanya Stevens-Johnson Syndrome, normal banget buat yang mana punya autoimun,” tegasnya.

Mengenal Penyakit Autoimun

Sebagai informasi, penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri.

Normalnya sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus.

Namun pada waktu seseorang menderita autoimun, sistem kekebalan tubuh menganggap sel tubuh yang sehat sebagai zat asing. Sehingga antibodi yang dilepaskan sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat tersebut.

Dilansir dari laman Alodokter, penyulut penyakit autoimun belum diketahui secara pasti. Tapi ada beberapa faktor yang dimaksud diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit autoimun, yakni:

  • Memiliki keluarga dengan riwayat penyakit autoimun
  • Terkena paparan material kimia, seperti asbes, merkuri, dioksin, atau pestisida
  • Perokok
  • Kelebihan berat badan atau obesitas

Related Articles

Back to top button