Kesehatan

Menkes Budi Gunadi Sadikin Pertanyakan Anggaran Rencana Makan Siang Rp15 Ribu per Anak: Kenyang Enggak?

Sidakberita.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin merespons ihwal anggaran program makan siang gratis Prabowo-Gibran dengan jatah Mata Uang Rupiah 15.000 per anak, sebagaimana disampaikan Menko Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto. Inisiatif ini turut dibahas di Sidang Kabinet Paripurna dalam Istana Negara, Awal Minggu kemarin.

Budi menegaskan pembicaraan mengenai kegiatan makan siang gratis masih sebatas anggaran. Belum masuk lebih lanjut terpencil mengenai kadar gizi.

“Kalau yang mana kemarin dibicarakan adalah supaya anggaran 2025 dipersiapkan untuk transisi ke masa presiden berikutnya. Dan salah satu inisiatif utamanya kan yang mana makan siang gratis itu. Jadi sebaiknya agar mulai dihitung juga dianggarkan,” tutur Budi di area kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Menteri Aspek Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. (Suara.com/Fajar Ramadhan)
Menteri Aspek Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin. (Suara.com/Fajar Ramadhan)

Sedangakn mengenai jatah Mata Uang Rupiah 15.000 per anak, Budi tidaklah memberikan jawaban lugas. Ia justru bertanya balik ke wartawan yang mengajukan pertanyaan, apakah jatah Simbol Rupiah 15.000 per anak sudah ada cukup atau belum.

“Sekarang saya tanya wartawan, kalau makan Rupiah 15 ribu, kenyang apa nggak? Kalau di Jogja cukup,” kata Budi.

Sebelumnya dilaporkan bahwa kegiatan makan siang gratis, yang tersebut merupakan janji dari calon presiden Prabowo Subianto, nampaknya akan segera terealisasi. Hal ini dikonfirmasi pasca Menko Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan bahwa pembahasan mengenai anggaran makan siang gratis telah terjadi dimasukkan ke di pembahasan APBN 2025, dengan jumlah agregat alokasi sebesar Rupiah 15.000 untuk setiap anak pada Indonesia.

Airlangga menegaskan bahwa dana yang dimaksud akan didistribusikan secara merata dalam seluruh wilayah Indonesia. Namun, ia belum dapat memberikan detail secara lengkap mengenai total anggaran yang akan dialokasikan di APBN 2025 lantaran pembahasan rinci belum dilakukan.

“Alokasi diperkirakan sekitar Simbol Rupiah 15.000 per anak. Namun, nomor yang disebutkan dapat bervariasi,” ungkap Airlangga ketika diwawancarai dalam kantornya, Jakarta, pada Hari Senin (26/2/2024). 

Related Articles

Back to top button