Olahraga

Perbandingan Statistik Timnas Vietnam dalam Bawah Philippe Troussier vs Park Hang-seo

Sidakberita.com – Perbandingan statistik Timnas Vietnam pada bawah Philippe Troussier juga Park Hang-seo akan dibahas dalam artikel ini. Philippe Troussier baru dipecat dari kursi instruktur Vietnam usai timnya kalah 0-3 melawan Timnas Indonesia.

Sebelum Philippe Troussier mengambil alih kursi pelatih, Timnas Vietnam ditukangi Park Hang-seo. Uniknya, Park Hang-seo justru lebih lanjut merepotkan pada waktu melawan Timnas Indonesia, sementara Troussier sebaliknya, punya rekor buruk melawan Merah Putih.

Lantas, seperti apa perbandingan statistik Timnas Vietnam di dalam bawah Philippe Troussier lalu Park Hang-seo?

1. Park Hang-seo

Perbandingan Statistik Timnas Vietnam di tempat Bawah Philippe Troussier vs Park Hang-seo

Vietnam dalam bawah Park Hang-seo (PHS) mengandalkan counter pressing dengan permainan cepat. PHS juga sosok yang cukup merepotkan Indonesia era Shin Tae-yong. Di bawah asuhan PHS, Timnas Vietnam menang pada tiga kesempatan yaitu pada Kualifikasi Piala Bumi 2022, SEA Games 2021, serta terakhir pada leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Menurut laman Transfermarkt, Park Hang-seo sudah ada melakoni 53 pertandingan sama-sama Timna Vietnam sejak menukangi kelompok senior, 15 Oktober 2017 hingga 31 Januari 2023. Selama periode itu, rata-rata poin per pertandingan yang berhasil diambilnya adalah 1.7 poin.

Pelatih yang dimaksud telah berhasil menghadirkan Timna Vietnam memenangi gelar kejuaraan Piala AFF itu mengoleksi rekor 26 kemenangan, 12 imbang, serta 15 kekalahan. Di bawah asuhannya, Vietnam mencetak 87 gol kemudian kebobolan 49 gol.

2. Philippe Troussier

Perbandingan Statistik Timnas Vietnam di dalam Bawah Philippe Troussier vs Park Hang-seo

Di era Troussier, gaya main counter pressing ala PHS ditinggalkan. Vietnam ketika ini punya wajah yang dimaksud begitu berbeda dengan memainkan penguasaan bola juga mengutamaan koordinasi lini belakang.

Namun, mantan ahli Timnas Negeri Matahari Terbit kemudian Qatar ini gagal meracik skuad mumpuni untuk timnya. Bersama Timnas Vietnam, beliau telah melakoni 14 pertandingan dengan rekor 10 kali kalah lalu cuma 4 kali menang.

Di era Philippe Troussier, Vietnam juga gagal memperlihatkan kemampuan terbaik di tempat mana regu hanya saja mencetak 11 gol lalu kebobolan 25. Rata-rata gol per pertandingan Vietnam cuma 0,86.

Philippe Troussier juga terbukti sebagai bulan-bulanan Timnas Indonesia. Dalam tiga kali pertemuan terakhir pada Piala Asia 2023 serta Kualifikasi Piala Global 2026, Timnas Vietnam asuhan Philippe Troussier menderita tiga kekalahan.

Related Articles

Back to top button