Bisnis

Prabowo Belum Resmi Jadi Presiden, Proyek Makan Siang Gratis Siap Berjalan dalam Daerah Hal ini

Sidakberita.com – Proyek makan siang gratis besutan calon presiden kemudian duta presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kelihatannya mulai siap berjalan. Padahal, Prabowo-Gibran belum secara resmi menjadi pemimpin negara.

Namun, kegiatan makan gratis ini telah dilakukan masuk pada pembahasan rancangan penganggaran pada APBN 2025. Bahkan, wilayah tujuan awal sudah ditentukan untuk jalankan inisiatif tersebut.

Menteri Koordinator Area Perekonomian, Airlangga Hartarto menerangkan, inisiatif makan siang gratis ini tiada dijalankan secara serentak, tetapi dibagi beberapa tahap. Tahap pertama, bilang dia, akan diberikan ke balita hingga ibu hamil dalam daerah-daerah tertentu.

Kemudian, tahap kedua, bisa jadi diberikan untuk para siswa-siswi SMP yang dimaksud memiliki tingkat stunting yang digunakan tinggi. Hanya, saja, Airlangga menegaskan kegiatan ini berjalan pada 2025.

“Sehabis ini mampu dilaksanakan tahun depan sesuai dengan tahapan-tahapan yang tersebut tadi saya sampaikan,” ujar Airlangga, seperti yang tersebut dikutip, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga
Erick Thohir Bilang Begini Jika Diajak Prabowo-Gibran Jadi Menteri Lagi

Ketua Dewan Pengaran Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran pada waktu Pilpres 2024 ini melanjutkan, biaya kegiatan makan gratis juga telah dilakukan ditentukan sebesar Rupiah 15.000 per anak di tempat seluruh wilayah Indonesia.

Namun demikian, Airlangga masih ingin menyeleraskan data Kementerian Kesejahteraan terlebih dahulu agar penerima mampu tepat sasaran.

“Kita kan sudah ada tahu bahwa misalnya ada ibu hamil itu sudah ada ada programnya sekarang di dalam Kementerian Bidang Kesehatan serta Juga balita adalah 22,3 juta,” imbuh Airlangga.

Sementara itu, Anggota Dewan Pakar TKN, Drajad Hari Wibowo menambahkan, area utama yang dituju untuk kegiatan makan siang gratis ini yaitu pada area tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Dia juga memberi catatan bahwa, pelaksanaan kegiatan makan siang gratis ini harus mengawasi kesiapan daerah.

“Anggaran tentu harus disiapkan, tapi kami juga meninjau kesiapan sistem di tempat daerah,” pungkas dia.

Related Articles

Back to top button