Nasional

Pro Kontra Inisiatif Makan Siang Gratis Dibahas di area Rapat Kabinet Jokowi

Sidakberita.com – eksekutif nampaknya menanggapi kritis janji kampanye pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan juga Gibran Rakabuming Raka, yakni mengenai makan siang gratis.

Keseriusan itu terlihat dengan dibahasnya janji kampanye paslon 02 itu di Sidang kabinet paripurna yang dimaksud dipimpin oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Awal Minggu (26/2/2024).

Pembahasan kegiatan yang disebutkan mendapatkan beragam respons dari berbagai pihak, sebab hingga pada masa kini penghitungan pengumuman Pilpres 2024 masih dijalankan KPU.

Di ketika yang mana bersamaan, Prabowo Subianto juga Gibran Rakabuming belum ditetapkan sebagai pemenang pilpres.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/PPN)/Kepala bappenas, Suharho Monoarfa yang digunakan terlibat di rapat yang disebutkan mengatakan, janji kampanye paslon 02 itu dibahas pada rencana kerja pemerintah (RKP) kemudian Kerangka Sektor Bisnis Makro lalu Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025, yang dimaksud menjadi acuan penyusunan APBN 2025.

“Ya memang sebenarnya harus memasukkan program-program ikonik dari Presiden terpilih. Tentu hanya itu diperhitungkan, lalu bappenas sedang menyusun itu. Karenanya RKP yang digunakan sesungguhnya mungkin saja akan muncul pasca pengumuman secara resmi dari KPU tentang presiden terpilih,” tegas Suharso pada awak media pada Istana Merdeka.

Menurut dia, walaupun belum ada penetapan dari KPU mengenai pemenang pilpres, pragram Prabowo-Gibran itu dibahas agar pelaksanaannya mampu dipastikan pasca pelantikan.

Sementara Menko Perekonomian Airlangga hartarto mengatakan, alasan Presiden Jokowi mendiskusikan inisiatif paslon 02 pada rapat kabinet adalah untuk memverifikasi kegiatan itu sanggup terlaksana dengan lancar pada 2025 mendatang.

Airlangga juga menyebut, pada rapat juga sudah ditentukan anggaran yang tersebut  akan disiapkan untuk menjalankan inisiatif makan siang gratis.

Yakni Rp15 ribu per anak kemudian nominal itu belum termasuk dengan anggaran susu.

“Per anak kira-kira Mata Uang Rupiah 15.000. Ya itu kan dapat dibuat macam-macam,” kata Airlangga.

Kritikan terhadap langkah Jokowi bahas makan siang gratis dalam rapat kabinet

Keputusan Presiden Jokowi mendiskusikan janji kampanye Prabowo-Gibran di rapat kabinet juga memantik kritikan dari sebagian pihak.

Salah satunya datang dari Mahfud MD, yang mana merupakan cawapres paslon 03 sekaligus mantan Menko Polhukam.

Menurut dia, pembahasan acara makan siang gratis yang diadakan Presiden Jokowi kemarin kurang tepat.

Sebab, lanjutnya, APBN itu ditetaapkan oleh pemerintah yang dimaksud pada waktu ini sedang menjabat. 

Namun untuk kegiatan makan siang gratis adalah kegiatan baru, tentunya masuk pada perencanaan pemerintah baru.

Mahfud menambahkan, apabila nanti Prabowo-Gibran terpilih sebagai presiden lalu perwakilan presiden Indonesia, maka pagu anggaran untuk makan siang gratis harusnya masuk di APBN pembaharuan pada Juni 2025.

Kritikan juga datang dari Tim Pemenangan Nasional Pasangan Calon Presiden kemudian Wakil Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN).

Co-captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong mengingatkan, pembahasan inisiatif paslon 02 pada rapat kabinet seharusnya diadakan dengan transparan

“Kebijakan seperti nutrisi itu kan sebaiknya diproses melalui sebuah diskusi yang teknokratis, yang berlandaskan hitungan yang mana transparan lalu data fakta realita juga semakin teknokratis semakin profesional, semakin transparan semakin baik,” kata Tom Lembong ketika ditemui awak media di tempat DKI Jakarta Selatan, Hari Senin (26/2/2024).

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Related Articles

Back to top button