Olahraga

Ricky Soebagdja: Kans Bagas / Fikri juga Leo / Daniel Terbuka Rebut Tiket Olimpiade 2024

Sidakberita.com – Kepala Lingkup Pembinaan kemudian Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Ricky Soebagdja mengungkapkan potensi masih terbuka bagi dua ganda putra Indonesia, Bagas Maulana / Muhammad Shohibul Fikri juga Leo Rolly Carnando / Daniel Marthin, untuk merebut tiket menuju Olimpiade 2024 Paris. 

“Dari Bagas / Fikri atau Leo / Daniel, mereka harus bersaing. Kita harapkan merekan dapat bersaing dengan sehat sebab peluangnya masih ada kemudian poin mereka juga saling berkejaran,” kata Ricky Soebagdja seperti dikutipkan Antara, Rabu (21/2/2024).

Adapun persaingan dalam sektor ganda putra Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Paris terbilang cukup sengit.

Bagas / Fikri kemudian Leo / Daniel masing-masing berada pada peringkat 10 kemudian 11 pada ranking Race to Olympics, sementara pasangan Indonesia lainnya, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, berada di tempat peringkat delapan per hari ini.

Ricky menilai, ketiga pasangan ini memiliki kesempatan yang tersebut sebanding untuk merebut tempat mereka itu di tempat Paris. Namun, faktor nonteknis seperti tekad kuat dari setiap pasangan juga menjadi penentu agar mereka dapat tampil maksimal dan juga memenuhi target tersebut.

Ricky Soebagdja ditunjuk menggantikan Rionny Mainaky sebagai Kabid Binpres PBSI. [PBSI]
Kabid Binpres PBSI, Ricky Soebagdja. [PBSI]

“Semua kembali ke pemainnya, setiap pemain harus punya motivasi. Contohnya, saya dulu tiada diproyeksikan untuk Olimpiade 1992 (Barcelona), tapi Olimpiade 1996 (Atlanta). Namun, saya sebagai mau juga lolos ke sana (Barcelona) dan juga masuk,” kata legenda sektor ganda putra bulu tangkis Indonesia itu.

“Kesempatan untuk mereka itu teristimewa Bagas/Fikri serta Leo/Daniel masih sangat terbuka. Kita perlu juga selektif mengenai kejuaraan apa hanya yang dimaksud akan mereka itu ikuti untuk menjaga performanya. Dan Fajar/Rian (peringkatnya) bukan boleh merosot,” ujar peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu.

Di sisi lain, Kepala Pelatih Ganda Putra Indonesia Aryono Miranat mengungkapkan Fajar/Rian akan turun pada French Open lalu All England Open pada rangkaian tur Eropa yang masuk di penghitungan poin kualifikasi menuju Paris.

Sementara, Bagas/Fikri serta Leo/Daniel akan diikutkan dalam French Open, All England Open, dan juga Swiss Open.

“Karena kalau turnamennya terlalu banyak, nanti konsentrasi mereka akan turun, pun dengan stamina. Jadi kita akan maksimalkan pada tiga kompetisi itu,” kata Aryono.

Related Articles

Back to top button