Nasional

Sahroni Akui NasDem Terima Uang dari SYL Rp40 Juta

Sidakberita.com – JAKARTA – Bendahara Partai NasDem Ahmad Sahroni mengaku partainya menerima uang Rp40 jt dari mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pemberian uang yang dimaksud terungkap di surat dakwaan SYL. Dalam dakwaannya, SYL total menerima uang korupsi Rp44,5 miliar serta diberikan ke Partai NasDem Rp40,1 juta.

“Iya, memang sebenarnya benar ada (pemberian dari SYL) Rp40 juta,” kata Sahroni dalam Gedung Merah Putih KPK, DKI Jakarta Selatan, hari terakhir pekan (22/3/2024).

Uang yang disebutkan diberikan SYL sebagai donasi bencana alam di tempat Cianjur, beberapa waktu lalu. “2 kali transaksi ke fraksi NasDem, itu buat bantuan sumbangan bencana gempa pada Cianjur,” katanya.

Menurut Sahroni, uang yang dimaksud masih berada di area pihaknya. Dia mengantisipasi instruksi KPK terkait kelanjutan uang tersebut.

“Tinggal nunggu perintah dari KPK, kalau KPK suruh kembalikan segera, kita kembalikan” ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan surat dakwaan JPU dijelaskan pemanfaatan uang oleh SYL. Pertama, keperluan istri SYL tercatat menghabiskan Rp938 juta, keperluan keluarga SYL Rp992 juta, serta keperluan pribadi Rp3,3 miliar.

Kemudian, keperluan kado undangan Rp381 juta, Partai NasDem Rp40 juta, lain-lain Rp974 juta, lalu untuk acara keagamaan, operasional menteri, dan juga keperluan lainnya Rp16 miliar.

Selanjutnya, charter pesawat Rp3 miliar, bantuan bencana alam/sembako Rp3,5 miliar, keperluan ke luar negeri Rp6,9 miliar, umrah Rp1,8 miliar, dan juga kurban Rp57 juta.

Related Articles

Back to top button