Bisnis

Sambut Lebaran 2024, BTN Siapkan Uang Tunai Rp39,44 Trilyun

Sidakberita.com – JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN menyiapkan uang tunai senilai Rp39,44 triliun untuk menjamin tercukupinya keinginan dana tunai klien menjauhi juga sesudah hari raya Idul Fitri 2024. Dana yang dimaksud dialokasikan untuk 19 hari kalender terhitung sejak 1 April 2024 hingga 19 April 2024.

Corporate Secretary BTN, Ramon Armando mengatakan, selain meningkatkan alokasi uang tunai pada masa menjauhi lalu sesudah hari raya Idul Fitri 2024, BTN juga melengkapi layanan BTN Mobile untuk memenuhi juga mempermudah keperluan kegiatan perbankan para nasabahnya.

Adanya peningkatan alokasi uang tersebut, lanjut Ramon, sejalan dengan proyeksi peningkatan kegiatan penduduk selama hari raya Idul Fitri 2024. Adapun, kenaikan alokasi uang tunai yang disebutkan mencapai sebesar 1,3 kali dibandingkan dengan kas normal harian yang mana ketika ini mencapai Rp2,07 triliun.

“Kami terus berupaya agar pelanggan BTN dapat bertransaksi dengan nyaman serta aman selama perayaan Idul Fitri 2024,” kata Ramon di tempat Jakarta, Rabu (27/3/2023).

Ramon merinci perseroan akan mengalokasikan sebanyak 30% dari total dana atau senilai Rp11.83 triliun untuk pengisian mesin ATM BTN yang digunakan tersebar pada seluruh Indonesia. Sementara itu, sebesar 70% dari total dana atau senilai Rp27,61 triliun akan dianggarkan untuk kas pada seluruh outlet BTN.

Hingga akhir 2023, BTN tercatat memiliki 727 outlet konvensional juga syariah, dan juga 2.115 mesin ATM serta CRM (Cash Recycling Machine) di tempat seluruh Indonesia.

Ramon juga mengatakan, pada periode libur panjang Idul Fitri yang mana ditentukan pemerintah, BTN juga akan menjalankan operasional terbatas untuk beberapa jumlah jaringan kantor perseroan. Pemberlakuan operasional terbatas dilaksanakan untuk tetap memperlihatkan memenuhi keperluan klien melawan layanan perbankan.

Di sisi operasi elektronik, Ramon menambahkan, pelanggan dapat menikmati kemudahan pengambilan uang tunai tanpa kartu melalui perangkat lunak BTN Mobile. Sejumlah fasilitas lainnya yang tersebut juga ditawarkan BTN Mobile di dalam antaranya yaitu layanan operasi pembayaran utilitas rakyat seperti listrik, air, telepon, juga pembayaran berbagai pajak, termasuk pajak kendaraan juga pajak daerah.

Nasabah juga dapat menggunakan BTN Mobile untuk pembayaran cicilan pinjaman, tagihan internet atau TV berlangganan, dan juga pembelian pulsa, tiket pesawat, kereta api regular, juga kereta cepat.

“Aplikasi BTN Mobile memiliki layanan dan juga fasilitas lengkap yang mana terhubung dengan lingkungan perumahan, sehingga penduduk dapat tetap memperlihatkan bertransaksi lalu mengakses informasi terkait KPR juga perumahan selama periode libur Idul Fitri,” ujar Ramon.

Tidak hanya saja itu, BTN juga mempunyai portal www.btnproperti juga www.rumahmurahbtn yang dapat diakses penduduk pada mencari hunian baru atau bekas, sekaligus mengajukan KPR pada manapun kemudian kapanpun. “Melalui dua situs tersebut, pelanggan dapat mencari rumah baik baru maupun second pada mana cuma dengan mudah,” bebernya.

Related Articles

Back to top button