Otomotif

Sempat Ditinggalkan, Kini Mobil Transmisi Manual Mulai Dilirik Lagi, Kenapa?

Sidakberita.com – Transmisi manual pernah dianggap sebagai pilihan standar lalu pada saat ini jenis yang disebutkan mulai dianggap klasik. Selama dua dekade terakhir, popularitasnya pun berangsur-angsur menurun.

Pada tahun 2019, belaka 0,7 persen dari semua kendaraan baru yang digunakan dijual di tempat Amerika Utara yang dimaksud dilengkapi dengan gearbox manual, yang tersebut mengindikasikan adanya perubahan ke arah transmisi otomatis kemudian teknologi berkendara yang dimaksud canggih.

Namun demikian, tren terbaru menunjukkan kebangkitan yang halus namun menarik pada penggemar transmisi manual.

Dilansir dari Carscoops, meskipun yang mana memilih transmisi manual masih minoritas, jumlah total merekan terus bertambah dengan cepat.

Antara tahun 2019 serta 2023, pelanggan kendaraan yang mana dilengkapi dengan gearbox tiga pedal meningkat lebih besar dari dua kali lipat, mencapai 1,7% dari total penjualan.

Tuas transmisi [Shutterstock]
Tuas transmisi [Shutterstock]

Diperkirakan, jikalau tren ini terus berlanjut, transmisi manual kemungkinan akan ditemukan dalam lebih lanjut dari 2% dari semua kendaraan baru pada tahun 2024, menurut Good Car Bad Car.

Sangat mudah untuk memahami mengapa semakin berbagai kendaraan yang berorientasi pada penggemar ditawarkan dengan transmisi manual.

Tren ini telah terjadi tumbuh selama beberapa waktu, dan juga transmisi ini telah terjadi dipertahankan oleh beberapa mobil sport paling mudah yang tersebut tersedia, seperti Mazda MX-5 kemudian Subaru BRZ juga kembarannya, Toyota GR 86.

Mobil-mobil ini bukan dapat bersaing di hal performa dengan mobil sport yang mana lain dikarenakan harganya yang murah, sehingga mereka itu berfokus untuk memberikan pengalaman berkendara yang dimaksud menarik.

Fokus pada pengalaman, daripada data, telah lama terbukti berhasil. Menurut Motor 1, Mazda Miata MX-5 miliki tingkat pengaplikasian transmisi manual sebesar 60 persen, sedangkan Subaru BRZ memiliki tingkat yang digunakan tambahan tinggi lagi, yaitu 79 persen.

Tren ini memacu merek-merek kelas berhadapan dengan untuk mengalokasikan ruang untuk jenis transmisi yang tersebut tambahan lambat namun tambahan menarik.

BMW Z4, Toyota Supra, serta BMW M2 sekarang tersedia dengan transmisi manual. Pengenalan kembali Acura Integra ke bursa setelahnya absen selama lebih banyak dari dua dekade termasuk transmisi manual opsional sebagai nilai jual.

Related Articles

Back to top button