Bisnis

Siap-siap Sambut Diskon Tarif Tol Trans Jawa ketika Mudik Lebaran, Berikut Bocorannya

Sidakberita.com – JAKARTA – Diskon tarif tol akan segera diterapkan pada banyak ruas tol Trans Jawa ketika mudik Lebaran 2024 , mendatang. Terkait rencana tersebut, Jasa Marga mengungkapkan, masih diadakan penggodokan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lalu Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).

Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Fitri Wiyanti mengatakan, Asosiasi Jalan Tol Indonesia telah berkirim surat untuk BUJT terkait potongan tarif tol. Rencananya pada waktu dekat ini BUJT akan melakukan pembahasan sebagai tindakan lanjut dari surat yang tersebut dimaksud.

Dalam forum tersebut, akan diputuskan besaran ruas tol mana hanya yang mana akan diberlakukan potongan tarif, besarannya, hingga periodisasi waktu.

“Potongan tarif tol, jadi asosiasi jalan tol sudah ada berkirim surat ke Badan Usaha Jalan Tol lalu kami akan memberikan jawaban, rencananya nanti dari asosiasi akan melakukan pres rilis gitu ya,” ujar Fitri pada waktu konferensi pers dalam Kementerian BUMN, Rabu (27/3/2024).

“Karena bukanlah Jasa Marga saja, jadi BUJT banyak di tempat sana, akan dikumpulkan semua, akan disampaikan besaran potongan tarif tol-nya, ruas yang digunakan diberlakukan, kemudian periode waktunya tanggal berapa aja,” paparnya.

Asosiasi jalan tol lanjut Fitri, masih menghimpun informasi dari BUJT ihwal ruas Tol Trans Jawa yang mana dapat diberlakukan diskon tarif. Selain itu, asosiasi juga masih harus berhitung hingga mendapat izin dari pemegang saham merek masing-masing.

“Saat ini masih proses dalam asosiasi jalan tol untuk mengakumulasi informasi dari BUJT yang mana ruasnya akan dilaksanakan potongan tarif tol oleh sebab itu mereka itu kan harus berhitung, lalu harus izin ke shareholder juga kan ya, jadi bukanlah Jasa Marga juga,” beber dia.

Adapun, salah satu operator jalan tol yang akan melakukan diskon tarif selama periode mudik Lebaran 2024 adalah Astra Infra. Potongan tarif ini diberlakukan di dalam beberapa ruas tol yang tersebut dikelola perusahaan.

Penerapan diskon tarif tol diberikan untuk pengguna jalan tol untuk menstimulus penguraian arus mudik juga balik yang dimaksud berpotensi mengalami kepadatan pada hari-hari tertentu.

“Menyambut momen Lebaran tahun ini, Astra Infra berikrar untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan. Harapannya inisiatif yang kami lakukan dapat efektif memberikan dampak bagi kelancaran mudik lebaran tahun ini,” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar pada keterangan tertulisnya.

Related Articles

Back to top button