Nasional

Sisi Tak Terungkap Prabowo Saat pada Kopassus Dibongkar Mantan Gubernur Ibukota

Sidakberita.com – Wakil ketua majelis penasihat Timnas AMIN yang juga mantan Panglima Kodam Jaya Sutiyoso mempunyai cerita tersendiri tentang sosok Menteri Perlindungan Prabowo Subianto.

Sutiyoso pada video yang mana diunggah akun @jkw966, awalnya membeberkan alasannya mengupayakan pasangn Anies-Muhaimin (AMIN) dalam Pilpres 2024. Ia di dalam video yang dimaksud memuji sifat sabar yang mana dimiliki oleh Anies Baswedan.

Sutiyoso lantas mengutarakan ceritanya perihal Prabowo Subianto pada waktu masih terlibat sebagai anggota militer TNI AD. Menurut Sutiyoso yang tersebut pernah di area baret merah Kopassus, ada guraan tentang sosok Prabowo.

“Jadi itu pada Kopassus tuh ada gurauan (antar sesama prajurit). ‘Lo mau HP baru, bikin marah aja Prabowo, nanti lu dilempar HP’. Gitu kan kata-katanya,” ucap Sutiyoso seperti dikutip, Rabu (28/2).

“Jadi saya di dalam Baret Merah itu bareng identik ia (Prabowo), pindah baret hijau. Aku baret hijau juga. Aku ditarik lagi di tempat Kopassus, beliau masih di dalam Kostrad,”

“Aku ditarik lagi Kostrad kedua kalinya. Lah itulah aku, rutin sekali pergi dari bareng beliau pergi dari negeri gitu kan sehingga saya tahu pada sisinya itu apa. Karakternya anak ini seperti apa. Peristiwa di dalam masa lalu yang tersebut terjadi itu apa,” jelas Sutiyoso.

Untuk informasi, Sutiyoso adalah senior dari Prabowo pada dinas kemiliteran. Sutiyoso lulusan Akabri tahun 1968, sedangkan Prabowo tahun 1974.

Saat Prabowo berdinas pertama pada Kopassus pada 1976, Sutiyoso bertugas menjadi Pama Puspassus TNI AD. Saat Prabowo menjadi duta komandan Batalyon Infanteri Lintas Lingkungan 328 (Yonif Para Raider 328/Dirgahayu), pasukan para raider di area Kostrad pada 1985, Sutiyoso Wakil Komandan Grup 3 Kopassus.

Prabowo Mendapat Gelar Jendera Kehormatan

Pemberian pangkat Jenderal Kehormatan disematkan dengan segera oleh Jokowi pada acara Rapat Pimpinan TNI-Polri dalam Mabes TNI, Cilangkap, Ibukota Indonesia Timur, Rabu (28/2/2024).

Prabowo tampak memberikan hormat lebih banyak dahulu sesaat sebelum Jokowi menyematkan pangkat bintang empat di area bahunya. Sikap hormat dijalankan Prabowo usai Jokowi memberikan Keppres Kenaikan Pangkat Kehormatan.

Diketahui, pangkat Prabowo Subianto ketika masih terlibat di area militer adalah Letnan Jenderal atau bintang tiga. Dengan demikian, mantan Komandan Jenderal Kopassus juga Pangkostrad ini akan menyandang bintang empat.

Presiden Jokowi di pernyataan usai penyematan bintang empat untuk Prabowo membantah bahwa gelar kejuaraan ini menjadi bagian proses politik.

Menurut Jokowi, bila memang benar kenaikan pangkat menjadi bagian operasi politik, justru diadakan sebelum pemilihan 2024.

Ia menekankan pemberian kenaikan pangkat yang dimaksud diberikan usai masa pemilihan presiden akibat untuk menghindari anggapan tersebut.

“Ya kalau operasi kebijakan pemerintah kita berikan aja sebelum Pemilu. Ini adalah kan pasca pemilihan supaya tidaklah ada anggapan-anggapan seperti itu,” kata Jokowi.

Related Articles

Back to top button